RSS

Gizi Kerja

Ini dulu bocoran pas mau MID matakuliah Gizi Kerja..
Semoga bermanfaat..

SOAL BAHAN MID GIZI KERJA

KELAS B



1.    Klasifikasi Karbohidrat terdiri dari Karbohidrat sederhana dan Karbohidrat Kompleks. Sebutkan bagian dari Karbohidrat Sederhana!

JAWAB

-       Monsakarida

-       Disakarida

-       Gula Alkohol

-       Oligosakarida

2. Sebutkan dan jelaskan 3 klasifikasi karbohidrat dan berikan contoh sumber makanan yang termasuk dalam kalsifikasi tersebut?

JAWAB :

a. Monosakarida, terdiri atas 3-6 atom C dan zat ini tidak dapat lagi dihidrolisis oleh larutan asam dalam air menjadi karbohidrat yang lebih sederhana. Contoh : Buah-buahan mengandung monosakarida

b. Disakarida, senyawanya terbentuk dari 2 molekul monosakarida yang sejenis atau tidak. Disakarida dapat dihidrolisis oleh larutan asam dalam air sehingga terurai menjadi 2 molekul monosakarida. Contoh : gula tebu (sukrosa atau sakarosa) banyak terkandung dalam batang tebu

c. Polisakarida, senyawa yang terdiri dari gabungan molekul-molekul monosakarida yang banyak jumlahnya, senyawa ini bisa dihidrolisis menjadi banyak molekul monosakarida. Contoh : umbi-umbian dan serealia.

3.  Sebagian besar Monosakarida dikenal sebagai Heksosa. Ada 3 jenis Heksosa yang penting dalam Ilmu Gizi, sebutkan!

JAWAB

-       Glukosa

-       Fruktosa

-       Galaktosa

4.  Apakah Karbohidrat dari makanan dapat digantikan sebagai sumber energi oleh lemak dan protein ?

JAWAB

-       Protein dapat diubah menjadi glukosa melalui proses glukoneogenesis ( Sintesis glukosa dari rantai karbon non karbohidrat ) dalam batas-batas tertentu, tetapi protein mempunyai fungsi lain yang tidak dapat digantikan oleh zat gizi lain seperti untuk pertumbuhan. Lemak tubuh tidak dapat diubah menjadi glukosa dalam jumlah berarti. Glukosa sebagai sumber energi untuk sel-sel otak, sel saraf lain dan sel darah merah tidk dapat digantikan oleh lemak. Jadi makanan sehari-hari harus mengandung karbohidrat . Karbohidrat yang cukup akan mencegah penggunaan protein untuk energi sebagai penghemat protein.

4. Sebutkan fungsi Karbohidrat!

JAWAB

-       Sebagai sumber energi

-       Pemberi rasa manis pada makanan

-       Penghemat protein

-       Pengatur metabolisme lemak

-       Membantu pengeluaran feses

6. Bagaimana proses pencernaan dan penyerapan Karbohidrat!

JAWAB

-       Pencernaan karbohidrat dimulai sejak makanan masuk kedalam mulut. Enzym amilase ludah ( Ptialin ) akan memecah zat pati didekstrin diuraikan menjadi maltosa. Proses akan berlangsung sampai makanan masuk kelambung. Dilambung karbohidrat tidak dicerna, karena tidak ada enzym yang bekerja dan akan berakhir di deodenum. Seluruh pati akan diubah menjadi maltosa . Pada usus halus maltosa, sukrosa dan laktosa yang berasal dari makanan akan diubah menjadi monosakarida. Enzym maltase, sukrase dan laktase akan mengubah maltosa , sukrosa dan laktosa menjadi monosakarida, glukosa, fruktosa dan galaktosa dan selanjutnya diserap diusus halus. Glukosa dan galaktosa memasuki aliran darah dengan cara transferaktif, sedangkan fruktosa dengan cara difusi.

7. Sebutkan penyakit yang berhubungan dengan Karbohidrat!

JAWAB

-       Penyakit yang disebabkan oleh ketidakseimbangan antara konsumsi dan kebutuhan energi dikenal dengan KEP, kelebihan BB, Obesitas, laktosa Intolerance, dan karies gigi.

8. Serat adalah jenis karbohidrat yang tidak terlarut. Dalam saluran pencernaan makanan tidak dapat dicerna karena manusia tidak memiliki enzym tapi serat mempunyai beberapa keuntungan  sebutkan dan jelaskan 3 keuntungan!

JAWAB

-       Membuat kenyang karena menyerap air dan mengembang. Serat terlarut sewaktu makan juga memperlambat gerak makanan kepencernaan bagian atas. Dengan demikian pemenuhan menjadi lama.

-       Membantu mencegah bakteri penyebab terjadinya infeksi pada bagian appendix.

-       Mempunyai hubungan dengan penurunan kejadian kanker kolon, karena memperpendek waktu transit di kolon sehingga bakteri patogen tidak sempat berkembang biak dikolon.

9. Sebutkan sumber Karbohidrat yang terbesar pada bahan makanan!

JAWAB

-       Padi-padian, Umbi-umbian, kacang-kacangan kering dan hasil olahan seperti bihun, roti dan tepung.

10. Ada jenis karbohidrat yang tidak dapat dicerna oleh saluran pencernaan manusia, sebutkan dan jelaskan ?

JAWAB

-       Pektin, Hemiselulosa dan lignin, Selulosa, tidak dapat dicerna karena manusia tidak memiliki enzym untuk mencernanya. 

11. Buatlah bagan patofisiologi kelebihan konsumsi karbohidrat!

JAWAB





Penyimpanan               Pemasukan kalori                                Penyimpanan lemak

     Protein                          meningkat                                             meningkat

 




Asam-asam                  Penyimpanan Glikogen  meningkat            Obesitas

Meningkat




                                    Pertukaran glukosa meningkat

 




                                    Glukosa meningkat

 




            Insulin meningkat                               Trigliserida meningkat

 




            Islet hiperplasia

 




            Islet Failure



                          Diabetes




12. Bagaimana peran lipid dalam menghemat protein? Dan apa tujuan dari peran lipid     tersebut?

JAWAB :

Lipid dan protein merupakan zat sebagai sumber energi, namun lemak menghemat penggunaan protein untuk sintesis protein, sehingga lemak yang digunakan sebagai sumber energi dan protein tidak digunakan sebagai energi.

13. Jelaskan mengapa pada konsentrasi tinggi kolestrol dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh?

JAWAB:

Kolestrol sebenarnya merupakan salah satu komponen lemak. Seperti kita ketahui, lemak merupakan salah satu zat gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh kita disamping zat gizi lin sepert karbohidrat, protein dan vitamin. Akan tetapi kolestrol darah yang berlebihan kemudian dapat menyebabkan  penyempitan pembuluh darah dan penyumbatan pembuluh darah yang kemudian akan menyebabkan penyakit jantung. Hal ini dapat terjadi karena kelebihan kolestrol yang disebut dengan HDL (High Density Lipoprotein), dan dibawa kembali ke hati yang selanjutnya akan diuraikan  lalu dibuang ke dalam kantung empedu  sebagai asam empedu atau cairan empedu. Dalam hal ini LDL(LowDensity Lipoprotein) lebih banyak lemak daripada HDL. LDL ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kolestrol di dinding pembuluh darah dengan mengankutnya kembali ke hati.

14. Sebutkan dan jelaskan 3 fungsi protein dalam tubuh!

JAWAB :

1.    Sebagai katalisator reaksi-reaksi biokimia dalam sel

Peranan ini dimainkan oleh molekul protein khusus yaitu enzim. Reaksi-reaksi yang dikatalis oleh enzim berkisar dari reaksi-reaksi sederhana, misalnya hidrasi karbon dioksida, sampai reaksi kompleks, misalnya replikasi kromosom.

2. Sebagai komponen sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh ditentukan oleh adanya antibodi yang merupakan protein dengan fungsi sangat spesifik. Antibodi akan disintesis jika ada senyawa atau benda-benda asing masuk ke dalam tubuh. Antibodi berfungsi untuk mengenali benda-benda asing (antigen), misalnya sel bakteri, virus, atau sel-sel jasad hidup lain.

3. Sebagai pengatur ekspresi genetik

Proses replikasi DNA, transkripsi, dan translasi yang berlangsung di dalam sel merupakan proses seluler yang sangat kompleks dan diatur oleh bermacam-macam protein, baik yang berupa prtotein sebagai katalisator reaksi (enzim) maupun protein regulator. Ekspresi genetik pada dasarnya menentukan semua aktivitas biologis jasad hidup. Pada jasad renik, misalnya hal ini akan menentukan apakah suatu substrat dapat dimetabolisme. Pada jasad tingkat tinggi, ekspresi genetik juga akan menentukan protein diferensiasi. Oleh karena itu peranan protein dalam metabolisme jasad hidup sangat besar dan vital

15. Mengapa dikatakan protein hewani lebih baik daripada protein nabati ?

JAWAB :

Protein hewani lebih baik atau lebih bermutu tinggi dikarenakan protein hewani merupakan protein kompleks yaitu mengandung semua jenis asam amino esensial dalam proporsi yang sesuai untuk kebutuhan pertumbuhan. Sedangkan protein nabati bermutu rendah, dikarenakan protein nabati merupakan protein tidak kompleks yaitu mengandung dalam jumlah tidak kurang dari satu atau lebih asam amino esensial.

16. Mengapa protein sangat dibutuhkan oleh tubuh?

JAWAB :

Protein sangat penting bagi tubuh karena protein adalah bagian dari semua sel hidup dan merupakan bagian terbesar tubuh sesudah air. Seperlima bagian tubuh adalah protein, separuhnya ada di dalam otot, seperlima di dalam tulang dan tulang rawan, sepersepuluh di dalam kulit, dan selebihnya di dalam jaringan lain dan cairan tubuh. Semua enzim, berbagai hormon, pengangkut zat-zat gizi dan darah, matriks intraseluler, dan sebagainya adalah protein.

17. Tuliskan faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan protein bagi tubuh!

JAWAB:

a. Perkembangan Jaringan

b. Kualitas protein

c. Disgebilitas Protein

d. Kandungan energi dari makanan

e. Status Kesehatan

18. Jelaskan jenis-jenis protein berdasarkan bentuk dan sifat fisiknya!

JAWAB:

Protein Globular dan Protein Serabut

Protein globular merupakan jenis protein yang Terdiri dari polipeptida yang bergabung satu sama lain (berlipat rapat) membentuk bulat padat. Misalnya enzim, albumin, globulin, protamin. Protein ini larut dalam air, asam, basa, dan etanol.

Protein serabut merupakan jenis protein yang terdiri dari peptida berantai panjang dan berupa serat-serat yang tersusun memanjang, dan memberikan peran struktural atau pelindung. Misalnya fibroin pada sutera dan keratin pada rambut dan bulu domba. Protein ini tidak larut dalam air, asam, basa, maupun etanol.

19. Jelaskan bagaimana cara menentukan kebutuhan protein bagi manusia!

JAWAB:

Kebutuhan protein bagi manusia dapat ditentukan dengan cara menghitung jumlah protein yang diganti dalam tubuh. Ini bisa dilakukan dengan menghitung jumlah unsur nitrogn (zat lemas) yang ada dalam protein makanan dan menghitung pula jumlah unsur nitrogen yang dikeluarkan tubuh melalui air seni dan tinja.

Kebutuhan protein bagi seorang dewasa adalah 1 gram untuk setiap kilogram berat badannya setiap hari. Untuk anak-anak yang sedang tumbuh, diperlukan protein yang lebih banyak, yaitu 3 gram tiap satu kilogram berat badannya.

20. Jelaskan akibat dari kelebihan dan kekurangan protein!

JAWAB:

Kekurangan protein banyak terdapat pada masyarakat sosial ekonomi rendah. Kekurangan protein murni pada stadium berat menyebabkan Kwasiorkor pada anak-anak dibawah lima tahun (balita). Kekurangan protein sering ditemukan secara bersamaan dengan kekurangan energi yang menyebabkan kondisi yang dinamakan Marasmus.

       Kelebihan protein akan menimbulkan asidosis, dehidrasi, diare, kenaikan amoniak darah, kenaikan ureum darah, dan demam. Ini dilihat pada bayi yang diberi susu skim atau formula dengan konsentrasi tinggi, sehingga konsumsi protein mencapai 6 g/kg BB. Batas yang dianjurkan untuk konsumsi protein adalah dua kali angaka kecukupan gizi AKG) untuk protein

21. Jelaskan perbedaan antara kwashiorkor dan Marasmus!

JAWAB:

Kwashiorkor lebih banyak terdapat pada usia dua hingga tiga tahun yang sering terjadi pada anak yang terlambat menyapih, sehingga komposisi gizi makanan tidak seimbang terutama dalam hal protein. Kwashiorkor dapat terjadi pada konsumsi energi yang cukup atau lebih. Kehadiran kwashiorkor erat kaitannya dengan albumin serum. Biasanya berat badan tersebut tidak sampai dibawah 60 % dari berat badan standar bagi umur yang sesuai.

Marasmus umumnya merupakan penyakit pada bayi (12 bulan pertama), karena terlambat diberi makanan tambahan. Hal ini dapat terjadi karena penyapihan mendadak, formula pengganti ASI terlalu encer dan tidak higienis atau sering terkena infeksi. Marasmus berpengaruh dalam waku yang panjang terhadap mental dan fisik yang sukar diperbaiki

22. Apakah dampak yang diakibatkan bila mengkonsumsi vitamin dalam jumlah berlebihan?

JAWAB :

Pemakaian vitamin yang melebihi normal mempengaruhi sistem syaraf. Hal ini karena reaksi hipersensitif yang dapat berpengaruh pada kelelahan, sakit kepala, sifat lekas marah dan susah tidur. Sistem darah dapat terpengaruh, karena denyut nadi menjadi cepat.

23. Sebutkan 13 jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik?

JAWAB:

Vitamin tersebut antara lain vitamin A, C, D, E, K, dan B (tiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, biotin, vitamin B6, vitamin B12, dan folat). Walau memiliki peranan yang sangat penting, tubuh hanya dapat memproduksi vitamin D dan vitamin K dalam bentuk provitamin yang tidak aktif. Oleh karena itu, tubuh memerlukan asupan vitamin yang berasal dari makanan yang kita konsumsi. Buah-buahan dan sayuran terkenal memiliki kandungan vitamin yang tinggi dan hal tersebut sangatlah baik untuk tubuh. Asupan vitamin lain dapat diperoleh melalui suplemen makanan

24. Tuliskan fungsi vitamin A, B, C, D, dan E?

JAWAB :

Vitamin A :
- Mencegah gangguan mata
- Antioksidan melindungi sel-sel terhadap kanker
- Mencegah peny. Kulit
- Meningkatkan kekebalan
Vitamin B kompleks :
- Menjaga kesehatan saraf ,kulit, otot, mata,rambut,liver dan otak.
- Asam folat sering digunakan pada penderita kanker.
- Sebagai energi dan memperkuat sistem kekebalan dgn meningkatkan pemfungsian sel-sel darah putih.
- Membentuk sel-sel darah merah.
Vitamin C :
- Antioksidan
- Pertumbuhan dan perbaikan jaringan.
- Meningkatkan kekebalan
- Mencegah kanker
- Bersama vit E meningkatkan penyerapan zat besi.
Vitamin D :
- Menyerap dan memanfaatkan fosfor dan kalsium
- Pertumbuhan dan perkembangan gigi dan gusi
- Melindungi kelemahan otot.
Vitamin E :
- Antioksidan untuk mencegah kanker dan penyakit jantung
- Meningkatkan kesuburan
- Mencegah sel oleh zat-zat radikal bebas
- Menjaga kesehatan saraf dan otot
- Meningkatkan pembekuan darah secara normal

25. Tuliskan fungsi vitamin B1, B2, B3, B5, B6, dan B12?

JAWAB:

Vitamin B1 (Thiamin)

Fungsi : Mencegah penyakit beri-beri, membantu pelepasan energi dari makanan, mempertahankan kesehatan susunan syaraf. Sumber : Sereal dari tepung gandum, beras putih dan merah, buncis, bayam, jeruk, susu, telur. Takaran yang dianjurkan : 1.5 mg/hari.

Vitamin B2 (Riboflavin)

Fungsi : Membantu pelepasan energi dari makanan, mempertahankan kesehatan kulit dan rambut. Sumber : Sereal dari tepung gandum, susu, telur, sapi, salmon, asparagus, ayam, keju, brokoli, bayam, roti. Takaran yang dianjurkan : 1.7 mg/hari.

Vitamin B3 (Niacin)

Fungsi : Mencegah penyakit pellagra (kulit kasar bersisik), membantu melepaskan energi dari makanan, mempertahankan kesehatan sistim susunan syaraf, mempertahankan kesehatan rambut. Sumber : Sereal dari tepung gandum, tuna, salmon, ayam, kacang-kacangan, sapi. Takaran yang dianjurkan : 20 mg/hari.

Vitamin B5

Fungsi : Mencegah mati rasa pada jari-jari, membantu melepaskan energi dari makanan, mempertahankan kesehatan jaringan dan rambut Sumber : Hati ampela, telur, brokoli, ikan, ayam, yogurt, jamur, alpukat, kentang manis. Takaran yang dianjurkan : 10 mg/hari.

Vitamin B6 (Pyridoxin)

Fungsi : Mencegah kekeringan pada ujung bibir, membantu melepaskan energi dari makanan. membantu pembentukan sel darah merah, mempertahankan kesehatan sistim syaraf. Sumber : Pisang, ikan, ayam, kentang, bayam. Takaran yang dianjurkan : 2 mg/hari.

Vitamin B12 (Cyanocobalamin)

Fungsi : Membantu pembentukan sel darah merah/mencegah anemia, mempertahankan kesehatan sistim susunan syaraf. Sumber : Salmon, kepiting, sapi, telur, susu. Takaran yang dianjurkan : 6 mcg/hari.

26. Mengapa kalsium dalam lebih banyak dibutuhkan pada wanita dbanding pada pria?

JAWAB :

A.  Menghindari Ancaman Osteoporosis, saat menopouse wanita akan kehilangan sejumlah besar hormon estrogen yang bisa mengakibatkan penyakit osteoporosis.

B.  Membantu pembentukan tulang dan gigi, 99 persen kalsium dalam tubuh tersimpan dalam tulang dan gigi.

C.  Membantu pembekuan darah, tanpa kalsium darah tidak bisa membeku bila terjadi luka.

D.  Menghindari sindrom pramenstruasi, pada siklus haid ketiga gejala PMS bisa dikurangi hingga 48 persen pada wanita yang menelan kalsium.

E.   Mengurangi resiko gejala batu ginjal, kalsium memiliki efek protektif yang mencegah penyerapan oksalat yang bisa membentuk batu di ginjal.

F.   Melindungi bayi dalam kandungan, wanita yang diberi suplemen kalsium selama masa kehamilan akan memiliki anak-anak yang cukup terlindungi dari resiko hipertensi.

27. Mineral makro yang manakah yang sebaiknya dikonsumsi untuk mengatasi anemia, sumber bahan makanan yang mengandung mineral mikro tersebut, dan takaran dosis yang baik untuk tubuh?

JAWAB :

Mineral makro yang diperlukan adalah besi dan tembaga. Sumber bahan makanannya yaitu tempe, kacang kedelai kering, kacang hijau, kacang merah daging kelapa tua, udang segar hati sapi, daging sapi   dan lain-lain. Dan takaran dosisnya yaitu + 20 mg/hari unuk besi dan 50-120 mg/hari.

28. Bagaimanakah penanganan medis yang tepat untuk penyakit gondok kekurangan iodium agar tidak muncul lagi?

JAWAB:

Upaya prevensi IDD dilakukan dengan penyediaan garam dapur yang diperkaya dengan iodium dalam bentuk KIO3. Dulu suplementasi yang diperkaya dengan KI. Sebagai upaya medis akan dilakukan operasi gondok dan sebagai upaya jangka pendek, diberikan suntikan depot larutan iodium dalam minyak dengan mempergunakan preparat LIPIODOL dan diberikan secara periodik sebagi dosisi depot kepada pasien.

29. Apa yang terjadi jika ibu hamil atau ibu yang sedang menyusui mengalami kekurangan mineral?

JAWAB:

Jika ibu kehilangan salah satu mineral esensialnya maka akan berakibat padanya dan bayinya. Contoh pada Fe, Pada wanita subur, lebih banyak Fe yang terbuang sehingga kebutuhan Fe sangat tinggi dan pada wanita menyusui juga memerlukan lebih banyak Fe karena bayi yang sedang dikandung juga memerlukan zat gizi sedangkan  ASI mengandung Fe dalam bentuk lactotransferin yang diberikan kepada anak yang sedang disusukan. Dan apabila tidak terpenuhi maka dapat menyebabkan pucat, rasa lemah, letih pusing, kurang nafsu makan, menurunnya kebugaran tubuh, menurunnya kekebalan tubuh dan gangguan penyambuhan luka. Anak-anak akan menimbulkan sifat apatis, mudah tresinggung, menunrunya kemampuan untuk berkonsentrasi dan belajar kerja.

30. Jelaskan apa yang dimaksud dengan mineral makro dan mineral mikro? Apa-apa saja yang termasuk mineral makro dan mineral mikro?

JAWAB:

Mineral digolongkan ke dalam mineral makro dan mineral mikro. Mineral makro adalah mineral yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah lebih dari 100 mg sehari, sedangkan mineral mikro dibutuhkan tubuh kurang dari 100 mg sehari. Makromineral adalah mineral-mineral yang diperlukan tubuh dalam jumlah yang cukup besar, sebaliknya mikromineral adalah mineral-mineral yang diperlukan dalam jumlah yang sedikit. Yang termasuk di dalam kelas makromineral adalah kalsium, fosfor, magnesium, besi, iodin, dan kalium, sedangkan yang termasuk di dalam mikromineral adalah tembaga, kobalt, mangan, fluorin dan zink.

31. Mengapa intake magnesium pada orang timur dewasa lebih banyak dibanding intake magnesium pada orang barat?

JAWAB:

Dalam makanan orang timur terdapat lebih banyak magnesium, sehingga intakenya untuk mineral ini dapat sekitar 6 – 10 mg/kg/hari. Akan tetapi, makanan orang barat mengandung  kurang dari 5 mg/kg/hari untuk kebanyakan orang dewasa (rata-rata  250 – 300 mg/hari). Dikemukakan bahwa beberapa unsur makanan dapat mempengaruhi retensi atau peningkatan kebutuhan magnesium. Contohnya adalah kalsium, protein, dan vitamin D. Alkohol dikatakan meningkatkan pengeluaran magnesium dari tubuh. Karena makanan orang barat mengandung banyak kalsium, protein, dan vitamin D dan karena alkohol juga lebih sering diminum oleh  orang barat, beberapa ahli berpendapat bahwa intake optimal magnesium sehari-hari dalam keadaan ini dapat setinggi 7 – 10 mg/kg/hari.

32. Jelaskan fungsi natrium bagi tubuh?

JAWAB:

Natrium sebagian besar berhubungan dengan klorida dan bikarbonatdalam pengaturan keseimbangan asam-basa. Fungsi lain natrium yang penting adalah mempertahankan tekanan osmotik cairan tubuh dan dengan demikian melindungi tubuh terhadap kehilangan cairan yang berlebihan. Ia juga berfungsi pada preservasi iritabilitas normal otot dan permeabilitas sel.

33. Jelaskan manfaat kalsium bagi tubuh?

JAWAB:

Kalsium mempunyai peran vital pada tulang sehingga dapat mencegah timbulnya osteoporosis. Namun kalsium yang berada di luar tulang pun mempunyai peran yang besar, antara lain mendukung kegiatan enzim, hormon, syaraf dan darah. Berikut beberapa manfaat kalsium bagi tubuh :

-Mengaktifkan syaraf

-Melancarkan peredaran darah

-Melenturkan otot

-Menormalkan tekanan darah

-Membantu mineralisasi gigi dan mencegah pendarahan akar gigi.
-Mengatasi kaki tangan kering dan pecah-pecah

34. Jelaskan fungsi zat besi bagi tubuh?

       JAWAB:

·      Alat angkut oksigen

Sebagian besar besi berada dalam hemoglobin (molekul protein mengandung besi dari sel darah merah dan mioglobin di dalam otot. Hemoglobin dalam darah membawa oksigen untuk disalurkan ke seluruh tubuh. Miogloboin berperan sebagai reservoir oksigen: menerima, menyimpan dan melepas oksigen di dalam sel-sel otot.

·      Metabolisme energi

Fungsi besi sebagai kofaktor enzim-enzim yang terlibat dalam metabolisme energi.

·      Kemampuan belajar

Beberapa bagian dari otak mempunyai kadar besi tinggi yang diperoleh dari transport besi yang dipengaruhi oleh reseptor transferin. Defisiensi  besi berpengaruh negatif terhadap fungsi otak, terutama terhadap fungsi sistem neurotransmitter. Akibatnya, kepekaan reseptor saraf dopamin berkurang yang dapat berakhir dengan hilangnya reseptor tersebut. Daya konsentrasi, daya ingat, dan kemampuan belajar terganggu, ambang batas rasa sakit meningkat, fungsi kelenjar tiroid dan kemampuan mengatur suhu tubuh menurun.

·      Sistem kekebalan

Besi memegang peranan dalam sistem kekebalan tubuh. Respon kekebalan sel oleh limfosit-T terganggu karena berkurangnya pembentukan sel-sel tersebut, yang kemungkinan disebabkan oleh berkurangnya sintesis DNA. Berkurangnya sistesis DNA ini disebabkan oleh gangguan enzim reduktase ribonukleotida yang membutuhkan besi untuk dapat berfungsi.

35. Jelaskan akibat kekurangan seng?

        JAWAB:

Akibat kekurangan seng dapt terjadi pada golongan rentan, yaitu anak-anak, ibu hmil, dan menyusui sertorang tua. Tanda-tandakekurngan seng ialah gangguan pertumbuhan dan kematangan seksul. Fungsi pencernaanterganggu karena fungsi pankreas yang terganggu. Dismping itu dapat terjadi diare dan gangguan kekebalan.kekurangan seng kronis mengganggu pusat sistem saraf dan fungsi otak. Karena kekurangan eng menggangu mertbolisme vitamin A. Seng juga mengganggu fungsi kelenjar tirioid, dan laju metabolisme. Gangguan nafsu makan, penurunan ketajaman indra, serta memperlambat penyembuhan luka.

36. Berapa angka kecukupan seng rata-rata yang dianjurkan per orang per hari?

JAWAB:

Golongan Umur
Seng ( mg )
0-6 bulan
3
7-12 bulan
5
1-9 tahun
10
10-59 tahun
15
>60 tahun
15
Hamil
+5
Menyusui 0-6 bulan
+10
Menyusui 7-12 bulan
+10



37. Jelaskan mengapa kehilangan natrium paling variable terjadi malalui keringat !!!

JAWAB:

Kehilangan natrium yang paling variable terjadi melalui keringat. Biasanya, keringat mengandung 20-50 mEq natrium per liter; kehilangat keringat berlebihan akibat latihan berat, lingkungan yang panas, atau demam yang tinggi dapat menyebabkan kehilangan natrium sebanyak 350 mEq per hari.Akan tetapi, kehilangan natrium klorida dalam keringat dapt dikurangi selamaterkena suhu tinggi untuk waktu yang lama bila dibiarkan beberapa hari untuk adaptasi. Disarankan bahwa bila diperlukan intake air lebih dari 4 liter untuk mengganti keringat yang hilang, harus diberikan natrium klorida ekstra. Kebutuhannya berkisar dari 2 g natrium klorida per liter air ekstra yang hilang sampai 7 g per hari bagi orang yang melakukan kerja berat dalm keadaan panas.

38. Jelaskan mengenai sumber utama natrium !!!

JAWAB:

Sumber utama natrium adalah natrium klorida yang dipakai waktu masak dan membumbui makanan yang dimakan mengandung natrium tambahan. Diperkirakan bahwa kira-kira 10 g natrium klorida (4 g Na)dimakan tiap hari. Selain makanan yang diasingkan,kadar natrium adalah tinggi dalam roti, keju, ketam, tiram, biscuit, lembaga gandum dan gandum; yang relative tinggi mengandung natrium adalah makanan seperti wortel, kembang kol, seledri, telur, kacang-kacangan, susu, buah not, bayam, lobak, havermout, buah pruim, buah rades.

39. Jelaskan fungsi besi dalam tubuh !!!

JAWAB:

·       Alat angkut oksigen

Sebagian besar besi berada dalam hemoglobin (molekul protein mengandung besi dari sel darah merah dan mioglobin di dalam otot. Hemoglobin dalam darah membawa oksigen untuk disalurkan ke seluruh tubuh. Miogloboin berperan sebagai reservoir oksigen: menerima, menyimpan dan melepas oksigen di dalam sel-sel otot.

·       Metabolisme energi

Fungsi besi sebagai kofaktor enzim-enzim yang terlibat dalam metabolisme energi.

·       Kemampuan belajar

Beberapa bagian dari otak mempunyai kadar besi tinggi yang diperoleh dari transport besi yang dipengaruhi oleh reseptor transferin. Defisiensi  besi berpengaruh negatif terhadap fungsi otak, terutama terhadap fungsi sistem neurotransmitter. Akibatnya, kepekaan reseptor saraf dopamin berkurang yang dapat berakhir dengan hilangnya reseptor tersebut. Daya konsentrasi, daya ingat, dan kemampuan belajar terganggu, ambang batas rasa sakit meningkat, fungsi kelenjar tiroid dan kemampuan mengatur suhu tubuh menurun.

·       Sistem kekebalan

Besi memegang peranan dalam sistem kekebalan tubuh. Respon kekebalan sel oleh limfosit-T terganggu karena berkurangnya pembentukan sel-sel tersebut, yang kemungkinan disebabkan oleh berkurangnya sintesis DNA. Berkurangnya sistesis DNA ini disebabkan oleh gangguan enzim reduktase ribonukleotida yang membutuhkan besi untuk dapat berfungsi.

40. Uraikan secara singkat mengapa trace element atau zat gizi mikro meskipun dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang sedikit tetapi merupakan zat gizi yang esensial bagi tubuh ?

JAWAB:

Meskipun zat gizi mikro dibutuhkan tubuh < 100 mg per hari, unsur-unsur tersebut memegang peranan penting untuk pemeliharaan kehidupan, pertumbuhan dan reproduksi, seperti : Zn (seng) berhubungan dengan protein untuk sistim kekebalan tubuh, Cr (Crom) berperan dalam metabolisme glukosa, dsb.

41. Uraikan secara singkat Fe (besi) berperan dalam proses metabolisme energi ?

JAWAB:

Fe (besi ) yang dibawah oleh transferin ke sum-sum tulang belakang di produksi menjadi hemoglobin dan menjadi bagian dari sel darah merah. Dimana hemoglobin memiliki fungsi mengangkut oksigen dari paru-paru dibawah ke sel untuk membantu proses metabolisme energi.

42. Kelompokan sumber Fe (besi) dari makanan hewani dan nabati ?

JAWAB :

Makanan Hewani : Fe banyak terdapat pada daging, ayam, dan ikan, dan telur. Sementara dari Golongan Nabati Fe banyak terdapat pada : Kacang-kacangan, Serealia tumbuk dan sayuran berwarna hijau.

43. Jelaskan secara singkat akibat kekurangan konsumsi Fe (besi) ?

JAWAB

Kekurangan Fe (besi) pada umumnya menyebabakan pucat, rasa lemah, letih, pusing, kurang nafsu makan, menurunya kebugaran tubuh, menurunya kemampuan kerja, serta dapat menurunkan kemampuan untuk berkonsentrasi dan belajar.

44. Jelaskan pula secara singkat dampak dari kelebihan Fe (besi) ?

Jawab :

Kelebihan Fe (besi) akibat suplementasi yang berlebihan dapat menyebabkan timbulanya gejala rasa muntah, diare, denyut jantung meningkat, sakit kepala, dan bisa pingsang.

45. Sebutkan zat yang mereduksi Fe dalam bentuk Feri menjadi Fero dan terjadi dibagian organ manakah didalam tubuh ?

Jawab :

Zat yang mereduksi Fe dalam bentuk feri menjadi fero adalah HCL (asam klorida) dan Vitamin C, serta terjadi di dalam lambung.

46. Jelaskan secara singkat sistem trasnportasi besi didalam tubuh ?

Jawab :

Absorpsi Fe (besi) terjadi di duodenum dengan bantuan alat angkut protein khusus, terdapat 2 jenis alat angkut protein di sel mukosa usus halus yang membantu penyerapan Fe yaitu Trasferin dan feritin. Transferin terbagi atas transferin mukosa dan transferin reseptor. Transferin mukosa mengangkut Fe dari saluran cerna kedalam sel mukosa dan memindahkan ke transferin reseptor, Transferin reseptor mengangkut Fe melalui darah kesemua jaringan tubuh.

47. Uraikan secara singkat kekurangan Iodium terhadap kejadian pembesaran Kelenjar Tiroid dan sebutkan dampak yang dapat ditimbulkanya?

Jawab :

Pada kekurangan iodium, konsentrasi hormon tiroid menurun dan hormon perangsang tiroid/TSH meningkat agar kelenjar tiroid mampu menyerap lebih banyak iodium. Bila kekurangan berlanjut, sel kelenjar tiroid membesar dalam usaha peningkatan pengambilan iodium oleh kelenjar tersebut. Bila pembesaran ini menampak dinamakan gondok.

48. Uraikan secara singkat fungsi dan sumber dari  iodium ?

Jawab :

Fungsi : Iodium pada kelenjar tiroid berfungsi untuk mensintesis hormon tiroksin, tetraiodotironin, dan triiodotironin yang dibutuhkan untuk pertumbuhan, perkembangan fisik dan mental manusia,

Sumber : Makanan yang berasal dari laut merupakan sumber iodium utama seperti ikan, udang, kerang, ikan kering, dsb. Selain itu iodium banyak terdapat pada garam yang telah di iodisasi.

49. Sebutkan 2 fungsi seng sesuai dengan pemahaman anad, serta uraikan salah satu fungsi seng yang terkait dengan sistim pencernaan ?

Jawab :

-     Seng berperan sebagai bagian dari enzim atau sebagai kofaktor,

-     Seng bereperan dalam berbagai aspek metabolisme seperti reaksi-reaksi yang berkaitan dengan sintesis dan degradasi karbohidrat, protein, lipida dan asam nukleat.

-     Keterkaitan seng dengan sistim pencernaan adalah : seng di pangkreas digunakan sebagai salah satu bahan untuk membentuk enzim pencernaan yang pada waktu makan dikelurkan kedalam saluran cerna untuk memecah makanan menjadi molekul-molekul yang lebih kecil sehingga mudah untuk diabsorpsi.

50. Sebutkan sumber seng dari bahan makanan ?

Jawab : 

Sumber yang paling baik adalah sumber protein hewani, terutama  daging, hati, kerang, dan telur. Serealia tumbuk dan kacang-kacangan juga merupakan sumber yang baik, namun mempunyai ketersediaan bilogik yang rendah.\

51. Jelaskan dampak kekurangan konsumsi seng ?

 Jawab :

Gangguan pertumbuhan dan kematangan seksual, fungsi pencernaan terganggu, gangguan

fungsi pangkreas, gangguan pembentukan kilomikron,  kerusakan permukaan saluran

cerna, terjadi diare, gangguan fungsi kekebalan dll.

52. Jelaskan pula dampak kelebihan konsumsi seng ?

Jawab :

Kelebihan konsumsi seng mempengaruhi metabolisme kolesterol,  mengubah nilai lipoprotein, dapat mempercepat terjadinya aterosklrosis, kelebihan dosis sebanyak 2 gr atau lebih dapat menyebabkan muntah, diare, demam, kelelahan yang sangat, dsb.

53. Sebutkan fungsi mangan dalam tubuh  serta  sumber mangan dari bahan makanan ?

Jawab :

Fungsi : mangan berperan sebagai kofaktor berbagai enzim yang membantu bermacam proses metabolisme, enzim-enzim lain yang berkaitan dengan mangan juga berperan dalam sintesis ureum,  pembentukan jaringan ikat dan tulang serta pencegahan peroksidasi lipida oleh radikal bebas.

Sumber dari bahan makanan : Sumber mangan yang baik adalah the kering, instant coffee, tepung coklat, sambal pecel, nenas kalengan, serta roti dan gandum.

54. Jelaskan secara singkat Absorpsi dan Ekskresi mangan ?

Jawab : 

Mangan diangkut oleh protein transmanganin dalam plasma, setelah diabsorpsi mangan dalam waktu singkat terlihat dalam empedu dan dikeluarkan dengan feses.

55. Dampak apakah yang dapat ditimbulkan pada pekerja tambang yang  banyak mengisap mangan dari debu tambang dalam jangka waktu yang lama ?

Jawab :

Dampak yang ditimbulkan menunjukan gejala-gejala kelainan otak, disertai penampilan dan tingkah laku yang abnormal.

56. Jelaskan fungsi dan sumber krom pada bahan makanan ?

      Jawab : 

Fungsi : Khrom dibutuhkan dalam metabolism karbohidrat dan lipida. Krom bekerja sama dengan insulin dalam memudahkan masuknya glukosa ke dalam sel-sel.

Sumber : Sumber krom terbaik adalah makanan nabati. Kandungan krom dalam tanaman bergantung pada jenis tanaman, kandungan krom tanah dan musim. Sayuran mengandung 30 hingga 50 ppm, biji-bijian dan seralia utuh 30 hingga 70 ppm, dan buah 20 ppm. Hasil laut dan daging juga merupakan sumber krom yang baik.

57. Jelaskan dampak akibat kelebihan krom ?

Jawab : Krom dikaitkan dengan kejadian penyakit hati dan kangker paru-paru

58. Mengapa kelebihan konsumsi fluor dapat menyebabkan keracunan. Dan sebutkan dampak akibat kekurangan fluor ?

Jawab :

Fluor banyak terdapat pada air, kelebihan fluor dapat menyebabkan keracunan dapat terjadi pada dosis yang sangat tinggi atau setelah bertahun-tahun menggunakan suplemen fluor sebanyak 20-80 mg per hari. Dampak akibat dari kekurangan  Fluor adalah kerusakan gigi dan keropos tulang pada orang tua.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar