RSS

Pengertian Bangsa dan Negara


Miapah saya posting kayak beginian ???? -_____- saya juga bingung. Tiba-tiba saja teringat dengan dosen kewarganegaraan saya dulu yang punya banyak "assisten cantik". Entah ...

Ini salah satru tugasnya, tiap masuk kuliah harus buat paper 1 halaman sesuai dengan materi yang akan dibahas hari itu. Bacasajalah. Oh iya jangan lupa visit Tumblr saya yaaa :))) (yang posting sedang dalam status sibuk bikin CV dan kesana kemari looking for a great job) . Bacalaaaah...

PENGERTIAN BANGSA DAN NEGARA
            Bangsa adalah sekelompok orang yang merasa senasib, karena memiliki kesamaan keturunan, adat bahasa, dan sejarah serta memiliki kesamaan visi dan misi. Jadi mereka yang menjadi satu bangsa memiliki ikatan primordial. Ikatan primordial adalh ikatan yang terjadi antar beberapa orang karena memiliki kesamaan dan merasa satu kesatuan ras, bahasa, agama, dan adat istiadat.  Persekutuan hidup masyarakat semacam ini dalam suatu Negara dapat merupakan persekutuan hidup yang mayotitas dan dapat pula disebut persekutuan hidup minoritas.
            Negara adalah suatu organisasi kekuasaan yang terdiri atas unsure rakyat (penduduk), wilayah, dan pemerintahan. Apabila salah satu dari unsure-unsur ini tidak terpenuhi atau tidak didapatkan dalam suatu Negara, maka Negara itu belum dapat dikatakan sebagai suatu Negara yang sah dan diakui. Contohnya apabila tidak ada pemerintahan dalam suatu Negara maka siapa yang akan menyelenggarakan dan melaksanankan tugas-tugas tujuan Negara itu sendiri.
            Jadi, pengertian bangsa dan Negara yang sesungguhnya adalah sekumpulan orang yang tinggala dalam suatu daerah atau wilayah, memiliki sistem pemerintahan dimana sekumpulan dari orang-orang tersebut memiliki kesamaan-kesamaan yang pada akhirnya membuat mereka mimiliki rasa persatuan dan kesatuan dalam menempati suatu wilayany Negara tersebut.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar