RSS

Metabolisme Karbohidrat


METABOLISME KARBOHIDRAT
Pengertian Metabolisme
Metabolisme mempunyai pengertian yang amat luas, yang pada prinsipnya dapat diartikan sebagai semua reaksi kimia atau perubahan kimia yang terjadi di dalam tubuh mahluk hidup. Metabolisme yang terjadi dalam tubuh mahluk hidup melibatkan berbagai reaksi kimia yang saling berkaitan satu dengan yang lain yang saling menunjang. misalnya dalam sintesis jaringan terlibat metabolisme protein yang mempersiapkan  kerangka dasar jaringan tersebut. Kemudian terkait metabolisme karbohidrat dan lemak untuk melengkapi komponen-komponen jaringan , disamping untuk memenuhi kebutuhan energi melalui metabolisme energi/bioenergetik.
Kesemuanya terkait dalam suatu keterpaduan yang serasi termasuk disini pengendalian/kontrol sehingga semuanya dapat berjalan serasi, efektif dan efisien
bagi kelangsungan hidup mahluk tersebut . Akan amat sulit untuk menjelaskan secara simultan, keseluruhan rangkaian yang terkait menjadi satu tersebut. Olehnya itu didalam pembahasan metabolisme akan dibahas satu persatu, kemudian dicoba merangkumnya utk memberikan gambaran secara simultan.
Setelah proses penyerapan melalui dinding usus halus, sebagian besar monosakarida di bawah oleh aliran darah ke hati. Di dalam hati,  monosakarida menglami proses sintesis menghasilkan glikogen, oksidasi menjadi CO2 dan H2O, atau dilepaskan untuk dibawa dengan aliran darah ke bagian tubuh yang membutuhkannya.Sebagian monosakarida lainnya di bawah langsung ke sel jaringan organ tertentu dan mengalami proses metabolisme lebih lanjut.
Karena pengaruh berbagai faktor dan hormon insulin yang dihasilkan oleh kelenjar pankreas, maka hati dapat mengatur kadar glukosa dalam darah.
Bila kadar glujkosa dalam darah meningkat sebagai akibat naiknya proses pencernaan dan penyerapan karbohidrat, sintesis glikogen dan glukosa oleh hati akan naik. Sebaliknya bila kadar glukosa menurun, umpamanya akibat latihan olahraga, glikogen diuraikan menjadi glukosa untuk selanjutnya mengalami proses katabolisme menghasilkan energi yang dibutuhkan dalam kegiatan olah raga tersebut.
Metabolisme karbohidrat pada manusia terutama:
·         Glikolisis, yaitu oksidasi glujkosa atau glikogen menjadi piruvat dan asam laktat melalui Embden-Meyerhof Pathway (EMP).
·         Glikogenesis, yaitu sintesis glikogen dari glukosa.
·         Glikogenolisis, yaitu pemecahan glikogen, pada hepar hasil akhir adalah glukosa, sedangkan di otot menjadi piruvat dan asam laktat
·         Siklus Krebs atau siklus asam trikarboksilat atau siklus asam sitra adalah suatu jalan bersama dari oksidasi karbohidrat, lemak dan protein melalui asetil-Ko-A dan akan dioksidasikan secara sempurna menjadi CO2 & H2O.
·         Heksosa Monofosfat Shunt atau siklus pentosa fosfat adalah suatu jalan lain dari oksidasi glukosa selain EMP dan siklus Krebs.
·         Glukoneogenesis, yaitu pembentukan glukosa atau glikogen dari zat-zat bukan karbohidrat.
·         Oksidasi asam piruvat menjadi asetil Ko-A, yaitu lanjutan dari glikolisis serta menjadi penghubung antara glikolisis dan siklus Krebs.

Glikolisis
Pada dasarnya metabolisme glukosa dapat dibagi dalam dua bagian, yaitu yang tidak menggunakan oksigen atau anaerob, dan yang menggunakan oksigen atau aerob.
Tahap-tahap reaksi yang terjadi dalam proses glikolisis
·         Pengubahan glukosa menjadi glukosa-6-fosfat dengan reaksi fosforilasi. Reaksi ini dikatalisis oleh glukokinase yang memerlukan Mg2+ sebagai kofaktornya. Sedangkan gugus fosfat dan energi yang diperlukannya didapat dari penguraian ATP menjadi ADP.
·         Isomerisasi glukosa-6fosfat menjadi fruktosa-6-fosfat.  Reaksi ini dikatalisis oleh fosfoheksoisomerase yang juga mengkatalisis reaksi kebalikannya.
·         Pemasukan gugus fosfat dari ATP. Dikatalisis oleh fofofruktokinase dengan ion Mg2+ sebagai kofaktor menghasilkan fruktosa 1,6-difosfat.
·         Pemecahan senyawa karbohidrat beratom 6 menjadi dua senyawa  beratom 3 yaitu gliseraldehida 3-fosfat dan dihidroksiaseton fosfat. Reaksi ini dikatalisis oleh enzim aldolase.
·         Perubahan gliseraldehida 3-fosfat  menjadi asam 1,3-difosfogliserat, yang melibatkan reaksi pemasukan satu gugus fosfat (bukan dari ATP), dan oksidasi molekul aldehida menghasilkan molekul asam karboksilat. Reaksi oksidasi ini dikatalisis oleh enzim gliserdehida 3-fosfat  dehidrogenase dan dirangkaikan dengan reduksi pembentukan NADH.
·         Perubahan dari asam 1,3-difosfogliserat menjadi asam 3-fosfogliserat. Dalam reaksi ini terbentuk 1 molekul ATP dari ADP dan ion Mg2+. Reaksi ini dikatalisis oleh enzim fosfogliserat kinase.
·         Isomerisasi asam gliserat 3-fosfat menjadi asam gliserat 2-fosfat. Reaksi ini dikatalisis oleh enzim fosfogliserat kinase.
·         Perubahan dari asam gliserat 2-fosfat  menjadi fosfoenol piruvat. Reaksi ini dikatalisis oleh enzim enolase.
·         Pembentukan asam piruvat dari asam fosfoenol piruvat melalui senyawa antara asam enolpiruvat. Reaksi ini dikatalisis oleh enzim piruvat kinase

Gambar Glikolisis
Proses Glikolisis


Siklus Krebs


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar