RSS

Kumpulan Soal Biologi


hahaha buka buka file lama di  laptop besar ketemu file ini...
sudah lama sekali... semoga bermanfaat ^^

SRI RATI     Xii ipa I     065472

     KUMPULAN SOAL-SOAL BIOLOGI
SMA NEGERI 12 MAKASSAR


STANDAR KOMPETENSI i
Sk i
       KD 1.1 Merencanakan percobaan pengaruh factor luar terhadap pertumbuhan                                    tumbuhan
Soal :
1. “Pengaruh kadar pupuk kompos terhadap pertumbuhan tanaman kacang merah”.
     Variabel  bebas pada judul percobaan diatas adalah…
      a. cahaya                                                   d. pupuk kompos
      b. kacang                                                   e. kadar pupuk kompos
      c. kacang merah
2. 1.) pupuk  2.) jumlah kacang merah  3.) Air   4.)tanah  5.) cahaya
      Yang berperan sebagai variabel terikat sesuai dengan judul diatas adalah….
      a. 1,2,3                                                      d. 1,4, dan 5
      b. 1 dan 3                                                  e. 1,3, dan 5
      c. 2,3,4, dan 5
3. Yang dapat digunakan sebagai variabel kontrol adalah….
      a. cahaya                                                   d. pupuk
      b. lama pertumbuhan selama X-hari          e. air
      c. kacang
4. A.)Hormon  B.)cahaya  C.)Gen  D.)kadar air  E.)pupuk urea
      Yang termasuk dalam faktor luar pertumbuhan adalah….
      a. A,B, dan C                                            d. A dan D
      b. C,D dan E                                             e. A dan C
      c. B,D dan E
5. Sedangkan yang termasuk faktor dalam adalah….
      a. A,B,dan C                                             d. A dan D
      b. C,D, dan E                                            e. A dan C
      c. B,D dan E

       KD 1.2 Melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan                          tumbuhan
Soal :
1. Langkah awal yang harus dilakukan dalam melaksanakan percobaan adalah….
      a. Merumuskan masalah                            d. Observasi
      b. Menyusun hipotesis                              e. Menarik kesimpulan
      c. Eksperimen
2. Hormon yang berfungsi membantu tumbuhan dalam proses dormansi adalah….
      a. Auksin                                                   d. Asam absisat
      b. Asam traumalin                                     e. Giberelin
      c. Gas etilen
3. Hormon Kalin pada akar dan daun disebut….      
      a. Rhizokalin dan Antokalin                     d. Kaulokalin dan Rhizokalin
      b. Filokalin dan Rhizokalin                       e. Antokalin dan Florigen
      c. Rhizokalin dan Filokalin
4. Variabel terikat adalah….
      a. kelompok yang disamakan                    d. kelompok yang diistirahatkan
      b. kelompok yang dibedakan                    e. kelompok yang diistimewakan
      c. kelompok yang dikhususkan
5. Hormon yang mempercepat penyembuhan luka pada tanaman adalah….
      a. ABA                                                      d. Kalin
      b. AIA                                                       e. Sitokinin
      c. Asam traumalin
       KD 1.3 Mengkomunikasikan hasil percobaan pengaruh faktor luar terhadap                         pertumbuhan tumbuhan
Soal :
Perhatikan tabel ini untuk menjawab soal no 1-5

Perlakuan

Rata-rata pertumbuhan tanaman kacang merah

KET
Hari Ke-
1
2
3
4
5
6
7
Terang
0
0
0
0
0
0
0
Pot A : terang
Pot B : remang-remang
Pot C : gelap
Ukuran dalam cm
Remang-remang
0

0
0
0
1,7
4,6
6,3
Gelap
0
0
0
0
3
8,5
10,2
1. Berdasarkan tabel diatas dapat disimpulkan bahwa yang digunakan sebagai variabel bebas adalah….
      a. kadar air                                                            d. Intensitas cahaya
      b. cahaya                                                   e. model pot
      c. ukuran
2. Jika dalam setiap pot ditanam 3 biji kacang merah, maka kacang merah tersebut digunakan sebagai variabel….
      a. terikat                                                    d. kontrol
      b. bebas                                                     e. pengamatan
      c. terpercaya
3. Pada tabel menunjukkan bahwa tanaman yang ditempatkan ditempat yang terang tidak mengalami pertumbuhan, itu terjadi karena….
      a. Auksin terhambat                                  d. Sitokinin lemah
      b. Auksin sangat aktif                               e. ABA terhambat
      c. Tidak ada auksin pada tanaman tersebut
4. Ketika berada ditempat yang gelap tumbuhan tumbuhan tumbuh secara abnormal disebabkan karena….
      a. Auksin terhambat                                  d. Sitokinin lemah
      b. Auksin sangat aktif                               e. ABA terhambat
      c. Tidak ada auksin pada tanaman tersebut
5. Dari hasil penelitian tabel diatas dapat diambil kesimpulan bahwa…..
      a. Cahaya terang membuat tanaman bertumbuh dengan baik
      b. Jika di tempat gelap, pertumbuhan tanaman terhambat
      c. cahaya remang-remang yang paling merugikan
      d. Jika di tempat gelap, pertumbuhan  tanaman cepat
      e. cahaya remang-remang yang paling baik

STANDAR KOMPETENSI ii
SK ii
       KD 2.1 Mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme
Soal :
1. Ketika enzim bertemu dan menyatu dengan substrat dan pecah maka akan menghasilkan…..
      a. koenzim                                                 d. produk
      b. merek                                                    e. holoenzim
      c. protein
2. Teori yang digunakan untuk menjelaskan mekanisme kerja enzim adalah….
      a. teori kunci gembok                                d. teori batu kunci
      b. teori substrat                                         e. semua salah
      c. teori bongkar pasang
3. Enzim yang berfungsi untuk mengubah 2-fosfogliserat menjadi fosfoenol piruvat + H2O adalah enzim….
      a. Heksokinase                                          d. Enolase
      b. Aldolase                                                e. Sukrase
      c. Piruvat kinase
4. Enzim disebut juga biokatalisator. Hal itu disebabkan karena kemampuan enzim untuk….
      a. memecah                                               d. menyatu dengan substrat
      b. mengkatalisis zat kimia                         e. melengkapi substrat
      c. berkonjugasi
5. Kelompok enzim yang berfungsi untuk mengkatalisis pemindahan gugus kimia dari satu substrat ke substrat lain adalah….
      a. Oksidoreduktase                                   d. Hidrolase
      b. Liase                                                      e. Isomerase
      c. Transferase
       KD 2.2 Mendeskripsikan proses katabolisme dan anabolisme
Soal :
1. 1.)Respirasi  2.)Fotosintesis  3.)Kemosintesis  4.) Fermentasi Alkohol  5.)Fermentasi asam laktat.
      Yang merupakan proses katabolisme adalah….
      a. 1 dan 2                                                  d. 3 dan 4
      b. 2 dan 3                                                  e. 1,4 dan 5
      c. 3,4, dan 5
2. Dan yang merupakan proses anabolisme adalah….
      a. 1 dan 2                                                  d. 3 dan 4
      b. 2 dan 3                                                  e. 1,4, dan 5
      c. 3,4, dan 5
3. Tahap pertama yang terjadi pada proses respirasi aerob adalah…..
      a. daur krebs                                              d. siklus kreb
      b. Sistem transport elektron                      e. glikolisis
      c. dekaroksilasi oksidatif
4. Pada proses fermentasi asam laktat, proses yang terjadi setelah glikolisis adalah…
      a. Daur krebs                                             d. Daur ulang NAD
      b. Sistem transport elektron                      e. reaksi terang
      c. reaksi antara
5. Secara berurut reaksi terang dan reaksi gelap terjadi di….
      a. stroma dan grana                                   d. tilakoid dan stroma
      b. grana dan tilakoid                                 e. stroma dan klorofil
      c. stroma dan tilakoid
6. Peristiwa penyusunan bahan organik menggunakan energi yang diperoleh dari pemecahan persenyawaan kimia adalah…..
      a. fototropisme                                          d. kemosintesis
      b. fotosintesis                                            e. fermentasi
      c. kemoautotrof

      KD 2.3 Menjelaskan keterkaitan antara proses metabolisme karbohidrat dengan              metabolisme lemak dan protein
Soal :
1. Sebelum diabsobsi kedalam sel protein harus dipecah menjadi….
      a. gliserol                                                   d. asam lemak
      b. asam amino                                           e. glukosa
      c. asam piruvat
2. Di dalam saluran pencernaan, karbohidrat akan dihidrolisis menjadi….
      a. gliserol                                                   d. asam lemak
      b. asam amino                                           e. glukosa
      c. asam piruvat
3. Jika persediaan karbohidrat dan protein dalam tubuh sudah habis. Maka yang digunakan sebagai bahan bakar adalah…
      a. lemak                                                     d. asam amino
      b. asam piruvat                                          e. glukosa
      c. air
4. A.)Karbohidrat  B.)Protein  C.)Lemak  D.)Air
      Senyawa terpenting dalam proses pembakaran atau katabolisme adalah….
      a. A                                                           d. D
      b. B                                                           e. semua salah
      c. C
5. Urutan senyawa dari yang paling penting kegunaannya adalah….
      a. A-C-B                                                   d. A-D-C
      b. A-B-C                                                   e. C-B-A
      c. D-A-B
STANDAR KOMPETENSI iii
SK iii
       KD 3.1 Menjelaskan konsep Gen, DNA dan Kromosom
Soal :
1.   Gen yang terletak pada lokus yang sama pada kromosom homolog dan sifatnya berlawanan disebut….
      a. alela                                                       d. alela ganda
      b. gen komplementer                                 e. resesif
      c.dominan
2. Telosentrik, akrosentrik, submetasentrik dan metasentrik adalah penggolongan bentuk kromosom berdasarkan….
      a. letak sentriol                                          d. bentuk lengan
      b. letak sentromer                                      e. tempat terbentuknya
      c. jumlah lengan
3. Rantai panjang pada DNA yang berbentuk seperti tangga terpilin disebut juga rantai….
      a. tunggal                                                  d. double helix
      b. single                                                     e. purin
      c. kodon
4. 1.)Adenin  2.)Timin  3.)Guanin  4.)Sitosin
      Pasangan basa purin pada DNA adalah….
      a. 1 dan 2                                                  d. 2 dan 3
      b. 1 dan 3                                                  e. 2 dan 4
      c. 3 dan 4
5. Sedangkan pasangan basa pirimidin pada DNA adalah….
      a. 1 dan 2                                                  d. 2 dan 3
      b. 1 dan 3                                                  e. 2 dan 4
      c. 3 dan 4
       KD 3.2 Menjelaskan hubungan gen, DNA, RNA polipeptida dan proses sintesa                           protein
Soal :
1. Jika kode pada DNA adalah AAA-ATS-SGS-STA, maka kode pada RNAd adalah….
      a. AAA-AUS-SGS-SUA                          d. TTT-TAG-GSG-GAT
      b. AUG-AGU-AAU-STG                                    e. UUU-UAG-GSG-GAU
      c. UUU-UAS-GSG-GAG
2. Kode tiga basa nitrogen yang terbentuk pada sintesis protein untuk menyusun asam amino disebut….
      a. Tripel                                                     d. Tri kode
      b. Triplet                                                    e. Trikis
      c. Tripoblastik
3. Proses ketika DNA membentuk RNAd disebut….
      a. transkripsi                                              d. replikasi
      b. translasi                                                 e. transposisi
      c. taranstivi
4. 1.) RNAd meninggalkan inti menuju ke ribosom
      2.) Asam amino saling berangkai membentuk polipeptida
      3.) DNA melakukan transkripsi membentuk RNAd
      4.) RNAt menterjemahkan kode RNAd, terjadi traslasi
      5.) RNAd berjejer teratur di ribosom sesuai kode
      Urutan proses Sintesa Protein yang benar adalah…
      a. 1-2-3-4-5                                               d. 3-5-1-4-2
      b. 5-4-3-2-1                                               e. 3-1-5-2-4
      c. 3-1-5-4-2
5. Jika kode pada RNAt adalah GAG-GGG-SAG-AUG-SUU, maka kode pada DNA adalah….
      a. STS-SSS-GTS-TAS-GAA                    d. SUS-SSS-GUS-UAS-GAA
      b. GAG-GGG-SAG-AUG-SUU              e. GAG-GGG-SAG-ATG-STT
      C. GAG-GGG-SAS-AUG-STT

       KD 3.3 Mejelaskan keterkaitan antara proses pembelahan mitosis dan meiosis                             dengan pewarisan sifat
Soal :
1. Tempat terjadinya pembelahan mitosis adalah….
      a. jaringan epidermis                                 d. jaringan embrional
      b. jaringan permanent                                e. jaringan pengangkut
      c. jaringan parenkim
2. Pada pembelahan mitosis jumlah kromosom induk sama dengan jumlah kromosom anak sedangkan pada pembelahan meiosis jumlah kromosom anak….
      a. ¼ kromosom induk                               d. 1/3 kromosom induk
      b. ½ kromosom induk                               e. 1/5 kromosom induk
      c. tidak memiliki kromosom
Perhatikan cirri-ciri pembelahan dibawah ini :
      1.) Untuk pertumbuhan
      2.) Untuk pembentukan sel kelamin
      3.) Satu kali tahap pembelahan
      4.) Dua kali tahap pembelahan
      5.) menghasilkan 2 sel anakan
      6.) menghasilkan 4 sel anakan
3. Yang merupakan ciri dari pembelahan meiosis adalah….
      a. 1,2, dan 3                                              d. 1,3, dan 5
      b. 1,3, dan 6                                              e. 2,4, dan 6
      c. 4,5, dan 6
4. Yang merupakan ciri dari pembelahan mitosis adalah….
      a. 1,2, dan 3                                              d. 1,3, dan 5
      b. 1,3, dan 6                                              e. 2,4, dan 6
      c. 4,5, dan 6
5. Pada tahap anaphase pembelahan mitosis, kromosom memisah dan menuju ke….
      a. ujung equator                                        d. kutub selatan
      b. tengah kutub                                         e. ujung sel
      c. kutub yang berlawanan
       KD 3.4 Menerapkan prinsip hereditas dalam mekanisme pewarisan sifat
Soal :
1. Disilangkan ayam berpial walnut (RrPP) dengan ayam berpial pea (rrPp) akan menghasilkan keturunan dengan pial….
      a. walnut dan pea                                      d. walnut dan rose
      b. pea dan bilah                                         e. rose dan bilah
      c. walnut saja
2. Pada tomat daun terpotong (T) bersifat domonan terhadap daun utuh dan batang ungu (U) bersifat dominant terhadap batang utuh. Pada suatu hasil persilangan diperoleh fenotipe F1 sebagai berikut : ungu terpotong = 1790; ungu utuh = 620; hijau terpotong = 623; hijau utuh =222. Apa genotipe parentalnya….
      a. UuTt x UuTt                                         d. UUTt x uuTt
      b. UuTt x Uutt                                          e. Uutt x uuTt
      c. uutt x uutt
3. Pada peristiwa kriptomeri, rasio fenotipe yang dihasilkan adalah….
      a. 9 : 3 : 3 : 1                                             d. 12 : 3 : 1
      b. 15 : 1                                                     e. 9 : 3 : 4
      c. 13 : 3
4. Anak laki-laki dengan haemofilia dapat dihasilkan dari perkawinan
      I. XHXH  x  XHY
      II. XHHH  x  XhY
      III. XHXh  x  XhY
      a. hanya I                                                  d. I dan II
      b. hanya II                                                 e. II dan III
      c. hanya III
5. Seorang wanita yang bergolongan darah O dan carrier haemofilia menikah dengan laki-laki yang bergolongan darah B heterozigot dan normal. Maka persentase anaknya bergolongan darah O dan haemofilia adalah….
      a. 75 %                                                      d. 12,5 %
      b.1,25 %                                                    e. 0,125 %
      c. 25 %
       KD 3.5 Menjelaskan peristiwa mutasi dan implikasinya dalam saling temas                                   (sains,       lingkungan, tekhnologi masyarakat )
Soal :
1. Peristiwa terjadinya mutasi disebut….
      a. Mutagen                                                            d. Mutalogi
      b. Mutagenesis                                          e. Mutalasi
      c. Mutan
Perhatikan penyebab mutasi dibawah ini :
      1) sinar kosmik
      2) sinar ultraviolet
      3) sinar X
      4) sinar radioaktif
      5) neutron
2. Yang termasuk dalam mutasi alami adalah….
      a. 1,2, dan 3                                              d. 3,4, dan 5
      b. 1 dan 3                                                  e. 3 dan 5
      c. 1,2, dan 4
3. Yang termasuk dalam mutasi buatan adalah….
      a. 1,2, dan 3                                              d. 3,4, dan 5
      b. 1 dan 3                                                  e. 3 dan 5
      c. 1,2, dan 4
4. Peruahan struktur kromosom yang disebabkan karena perpindahan segmen atau ruas DNA dari suatu kromosom kekromosom lain yang bukan yang bukan pasangan homolognya disebut…..
      a. Translokasi                                            d. Inversi
      b. Delesi                                                    e. Duplikasi
      c. Penghilangan
5.                                
         S                               S
         R                                           I
          I
Gambar diatas merupakan salah satu perubahan struktur kromosom yang disebut….
      a. inverse                                                   d. translokasi
      b. duplikasi                                                e. fase interfase
      c. delesi

STANDAR KOMPETENSI iv
SK iv
       KD 4.1 Menjelaskan teori, prinsip dasar, dan mekanisme evolusi biologi
Soal :
1. Seorang tokoh evolusi yang mengemukakan teori kresionisme tentang penciptaan yang terjadi dalam sekali waktu kehidupan langsung lengkap kemudian selesai dan tidak ada evolusi adalah…..
      a. Carolus Linnaeus                                   d. George Cuvier
      b. Aristoteles                                             e. James Hutton
      c. Ernest Hekel
2. Pokok-pokok pikiran yang menjadi dasar bagi teori evolusi Darwin adalah,kecuali….
      a. Tidak ada dua individu yang identik akibat adanya variasi
      b. Setiap populasi cenderung bertambah banyak
      c. Used and disused
      d. Untuk berkembang biak diperlukan makanan dan ruangan yang cukup
      e. Bertambahnya populasi tidak berjalan terus menerus
Perhatikan pernyataan di bawah ini :
      1.) Adaptasi oleh setiap makhluk hidup
      2.) Proses evolusi membawa spesies yang ada untuk berinteraksi dengan kondisi ekologinya
      3.) Kelahiran spesies baru dari hasil variasi spesies yang ada
      4.) Pengaruh lingkungan akan diwariskan kepada keturunan
3. Yang merupakan mekanisme dasar evolusi adalah….
      a. 1 dan 3                                                  d. 2 dan 3
      b. 2 dan 4                                                  e. 4 saja
      c. 1 saja
4. Dalam suatu populasi terdapat kelompok perasa pahitnya kertas(PTC) 64% sedangkan yang lainnya tidak terasa PTC . Bukan PTC dikendalikan oleh t dan perasa PTC oleh gen T. Perbandingan frekuensi gen PTC dan non PTC adalah….    
      a. 2 : 3                                                       d. 3 : 2
      b. 3 : 1                                                       e. 1 : 3
      c. 3 : 5
5. Beberapa syarat yang harus dipenuhi agar teori Herdy-Weinberg berlaku, kecuali…
      a. Populasi harus besar                              d. Terjadi mutasi
      b. terjadi perkawinan acak                        e. tidak terjadi seleksi alam
      c. memiliki viabilitas dan vertibilitas yang sama besar

       KD 4.2 Mengkomunikasikan hasil studi evolusi biologi
Soal :
1. Tubuh, bagian tubuh, jejak atau sisa-sisa makhluk hidup yang telah berusia ribuan/jutaan tahun yang telah membatu disebut….
      a. Mutasi                                                   d. Fosil
      b. Artevak                                                 e. arca
      c. rangka
2. Di antara pasangan struktur berikut ini yang menggambarkan peristiwa analogi adalah….
      a. Paru-paru kambing dan gelembung udara pada ikan
      b. Sayap kelelawar dan kaki depan kuda
      c. Sayap kelelawar dengan sayap ngengat
      d. Tangan manusia dan kaki depan anjing
      e. Sayap burung dan sirip depan ikan paus
3. Perbandingan untuk cari bukti kebenaran teori evolusi berikut ini yang paling abstrak adalah petunjuk dari….
      a. Anatomi perbandingan                          d. Alat-alat yang tersisa
      b. Perbandingan embrio                            e. Fosil
      c. Perbandingan fisiologis
4. Ilmuwan Amerika yang menemukan fosil kuda, menyebutkan bahwa golongan kuda yang paling tua adalah….
      a. Oligosen                                                d. Eosin
      b. Pliosen                                                   e. semua salah
      c. Miosen
5. Ilmuan yang mengungkapkan masalah fosil berhubungan dengan evolusi menggunakan  teori katatropisme adalah….
      a. Georges Cuvier                                     d. Wallace
      b. Leonardo da Vinci                                e. Darwin
      c. Aristoteles

       KD 4.3 Mendeskripsikan kecendrungan baru tentang teori evolusi
Soal :
1. Pandangan baru mengenai teori evolusi berdasarkan perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi disebut….
      a. Neo-Matriks                                          d. New-Darwinisme
      b. Neo-Darwin                                          e. New-Lamarck
      c. Neo-Darwinisme
2. Perubahan organ tubuh yang disebabkan oleh evolusi adalah….
      a. Evolusi gen                                            d. Evolusi biologi
      b. Evolusi organik                                     e. Evolusi kimia
      c. Evolusi anorganik
3. Salah satu pandangan baru tentang teori baru evolusi adalah….
      a. Populasi sebagai unit terkecil terjadinya evolusi
      b. Populasi harus besar
      c. Seleksi alam tidak berpengaruh
      d. Perubahan yang besar tidak berpengaruh kepada perubahan yang kecil
      e. Mutasi tidak berpengaruh
4. Beerapa cara yang digunakan untuk menunjukkan adanya evolusi, kecuali…..
      a. anatomi perbandingan                           d. Peninggalan fosil
      b. Embriologi perbandingan                      e. Petunjuk secara kimiawi
      c. Perbandingan genetik
5. Adanya jarak perkembangan antara satu fosil dengan fosil lainnya disebut…..
      a. Missing Lirick                                        d. Missing Ink
      b. Missing Immpossibel                             e. Missing People
      c. Missing Link
STANDAR KOMPETENSI v
SK V
       KD 5.1 Menjelaskan arti prinsip dasar dan jenis-jenis bioteknologi
Soal :
1. Untuk memenuhi kebutuhan bibit tanaman dalam jumlah yang sangat besar dan mempunyai sifat-sifat yang seragam dapat dipenuhi dengan cara….
      a. membentuk tumbuhan transgenic         d. mencangkok
      b. kultur jaringan                                       e. rekayasa genetic
      c. penyemaian benih yang unggul
2. Pengertian revolusi hijau adalah….
      a. tindakan penggunaan bibit unggul untuk meningkatkan hasil panen
      b. perluasan lahan pertanian untuk menambah jumlah produksi
      c. budidaya ganggang sebagai makanan
      d. pengembangan teknologi pertanian untuk meningkatkan produksi pangan
      e. pengubahan lahan tidak produktif menjadi area pertanian
3. Proses pembentukan organisme baru yang secara alamiah tidak mungkin terjadi di alam dapat diperoleh dengan cara…..
      a. rekayasa genetika                                  d. mutasi
      b. evolusi                                                   e. penyemaian
      c. pembentukan bibit unggul
4. Teknik rekayasa genetika didukung/ditunjang oleh adanya hal-hal berikut , kecuali….
      a. ditemukan enzim endonuklease restriksi
      b. adanya sel yang mampu berfusi
      c. adanya teknik fermentasi
      d. ditemukan enzim ligase
      e. ditemukannya plasmid
5. Teknologi plasmid dalam rekayasa genetika adalah….         
      a. pemotongan gen tertentu untuk dibuang
      b. mengganti gen dengan gen lain
      c. mengidentifikasi gen tertentu untuk pemotongan
      d. mencari gen tertentu yang cocok dengan DNA bakteri
      e. penyambungan gen tertentu dengan DNA bakteri

       KD 5.2 Menjelaskan dan menganalisis peran bioteknologi serta implikasi hasil-                            hasil bioteknologi pada saling temas
Soal :
Dampak bioteknologi antara lain :
      1.) lepasnya mikroorganisme transgenik ke lingkungan mengakibatkan polusi
      2.) Perubahan gen yang sangat cepat dapat menimbulkan kerusakan tanaman ekologi 3.) munculnya reaksi alergi pada menusia yang mengkonsumsi tumbuhan transgenic
      4.) merusak tatanan sosial masyarakat
      5.) mengancam kelestarian makhluk hidup
1. Dampak negatif bioteknologi bagi kesehatan manusia adalah….
      a. 2,3, dan 5                                              d. 1 dan 3
      b. 1,2, dan 5                                              e. 3 saja
      c. 1 dan 2
2.Antibodi monoclonal hasil bioteknologi dimanfaatkan untuk…..
      a. mendiagnosa penyakit infeksi
      b. mengatasi gangguan fisiologi
      c. menekan kerusakan sel dan jaringan yang terkena kanker
      d. mengurangi dampak difungsi kelenjar endokrin
      e. melawan kanker
3. Kerugian penggunaan radiasi dalam penemuan bibit unggul tanaman poliploid adalah…
      a. terbentuk spesies baru
      b. plasma nutfa tertentu punah
      c. terbentuk tanaman yang beragam
      d. tanaman tidak dapat dikembangbiakkan secara seksual
      e. timbul sifat letal
4. Hubungan yang benar antara mikroba dengan produk yang dihasilkan melalui proses bioteknologi adalah….
      a. Acetobacter xylinum = keju                   d. Lactobacillus bulgaris = yoghurt
      b. Candidas utilis = tempe                        e. Penicillium camemberti = nata de coco
      c. Rhizopus oligosporus = protein sel tunggal
5. Interferon yang merupakan produk bioteknologi memiliki fungsi….
      a. membasmi hama tanaman                     d. mengobati penyakit akibat virus
      b. mendiagnosis suatu penyakit                e. sebagai hormon pertumbuhan
      c. meningkatkan ketahanan tubuh             

KUNCI JAWABAN

KD 1.1                        KD 1.2                        KD 1.3
      1. E                   1. A                 1. B
      2. C                  2. D                 2. A
      3. B                  3. C                 3. A
      4. C                  4. A                 4. B
      5. E                   5. C                 5. D

KD 2.1                        KD 2.2                        KD 2.3                       
      1. D                  1. E                  1. B
      2. A                  2. B                 2. E
      3. D                  3. E                  3. A
      4. B                  4. D                 4. A
      5. C                  5. D                 5. B
                               6. D

KD 3.1                        KD 3.2                        KD 3.3                        KD 3.4                        KD 3.5
      1. A                  1. E                  1. D                 1. A                 1. B
      2. B                  2. B                 2. A                 2. A                 2. C
      3. D                  3. A                 3. E                  3. E                  3. E
      4. B                  4. C                 4. D                 4. C                 4. A
      5. E                   5. E                  5. C                 5. D                 5. C

KD 4.1                        KD 4.2                        KD 4.3
      1. B                  1. D                 1. C
      2. C                  2. C                 2. B
      3. D                  3. C                 3. A
      4. A                  4. D                 4. E
      5. D                  5. A                 5. C

KD 5.1                        KD 5.2
      1. B                  1. D
      2. D                  2. E
      3. A                  3. D
      4. C                  4. D
      5. E                   5. C
 
 


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar